Selasa, 16 Desember 2014

MANFAAT ZAT MAKANAN


       Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia memerlukan dan menghendaki makanan yang bergizi guna pertumbuhan dan perkembangan tubuh, kesehatan, dan berbagai daya kegiatannya. Namun demikian secara jujur perlu kita akui banyak di antara mereka yang mengabaikan, tidak menyukai, menganggap rendah, bahkan mentabukan bahan-bahan makanan yang mengandung zat-zat gizi tadi.
Bahan makanan yang mengandung zat-zat gizi banyak terdapat di indonesia. Tidak hanya merupakan bahan-bahan makanan yang harganya tinggi saja, melaikan yang harganya rendah pun yang dapat terjangkau oleh daya beli masyarakat menengah kebawahpun sangat banyak macamnya.
Mungkin ilmu gizi kurang dihayati atau belum sepenuhnya merata dipahami oleh rakyat di Indonesia, terutama karena kurangnya penyuluhan-penyuluhan oleh ahli  gizi.
Okeey..disini saya akan menjelaskan beberapa manfaat zat makanan. Meskipun saya baru memasuki dunia gizi dan ilmu saya masih dikatakan seujung kuku, meskipun begitu saya ingin berbagi beberapa pengetahuan tentang gizi dan saya berharap ilmu ini bermanfaat bagi teman-teman atau pembaca sekalian.
Okeeyy..langsung saja ke materi awal..hehee*lagak dosen.

       Setiap orang dalam siklus hidupnya selalu membutuhkan dan mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang dikonsumsi tadi, mempunyai nilai yang sangat penting (tergantung dari macam-macam bahan makanannya) untuk
·         Memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan, terutama bagi mereka yang masih dalam pertumbuhan.
·         Memperoleh energi guna melakukan kegiatan fisik sehari-sehari.
       Termasuk dalam memlihara proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan yaitu penggantian sel-sel yang rusak dan sebagai zat pelindung dalam tubuh (dengan cara menjaga keseimbangan cairan tubuh ). Proses tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangan yang terpelihara dengan baik akan menunjukkan baiknya kesehatan yang dimiliki seseorang. Seseorang yang sehat tentunya memiliki daya pikir dan daya kegiatan fisik sehari-hari yang cukup tinggi.
       Nilai yang sangat penting dari bahan makanan atau zat makanan bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta perolehan energi guna melakuakan kegiatan sehari-hari seperti di kemukakan di atas tergantung dari keadaan dan macam-macam bahan makanannya. Namun demikian, apabila bahan-bahan makanan itu :
a.      Tersaji dalam keadaan cukup higenis (tidak mengandung kuman-kuman penyakit, tidak mengandung zat-zat toksin/racun yang dapat membahayakan kelangsungan hidup seseorang).
b.      Cukup mengandung kalori, protein (dengan memiliki kesepuluh asam amino esensial, cukup mengandung lemak, cukup mengandung vitamin dan mineral ).
c.       Dapat mudahh tercerna oleh alat-alat pencernaan.
d.      Pengolahan atau pemasakannya disesuaikan dengan sifat fisis dan khemis dari masing-masing bahan makanan.
e.      Dihidangkan dalam keadaan yang tepat dan baik, artinya pada suhu yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Maka nilainya bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta perolehan energi guna melakukan kegiatan sehari-hari adalah cukup tinggi. Kenyataanya a sampai dengan e di atas sering kurang diperhatikan sehingga tidak jarang kita akan berhadapan dengan manusia-manusia atau bahkan kita akan merasakan sendiri :
a.      Pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang kurang normal, banyak keluhan karena berbagai penderitaan yang berkaitan dengan kemulusan dan kesegaran fisik.
b.      Kelesuan, tidak bergairah melakukan kegiatan sehari-hari, dan lain-lain.
       Kenyataan pula bahwa hingga sekarang banyak di antara penduduk Indonesia yang enggan mengkonsumsi beberapa bahan makanan tertentu, padahal bahan-bahan makanan tersebut terkenal bergizi dan telah di anjurkan oleh pemerintah. Makanan yang bergizi tidak harus mengkonsumsi bahan makanan yang mahal, mewah, bahkan dalam banyak bukti makanan yang demikian kurang bergizi. Bahan makanan yang mudah di peroleh dan harganyapun terjangkau oleh mereka yang berpenghasilan rendah banyak yang bergizi dan bahan-bahan makanan yang demikian perlu mendapat perhatian untuk di konsumsi dengan sebaik-baiknya. Selera dan gairah untuk memakannya tergantung dari kepandaian pengolahan dan ketepatan waktu penyajiannya. Kadar zat makanan (gizi) pada setiap bahan makanan memang tidak sama, ada yang rendah dan ada pula yang tinggi. Setiap bahan makanan akan saling melengkapi zat makanan/pertumbuhan dan perkembangan fisik serta energi yang cukup guna melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Zat makanan (gizi) yang diperlukan tubuh manusia ada yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ( pangan nabati ) dan ada pula yang berasal dari hewan (pangan hewani ).

Maaf mungkin tulisannya agak sedikit berantakan atau sedikit membosankan..hehee

Semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian,,tetap semangat ya..GO GO FIGHTING!
Kutipan “ ORANG YANG MENGETAHUI KONDISI TUBUH ADALAH DIRI KITA SENDIRI, BUKAN ORANG LAIN” . so rawat dan cintai anggota tubuh teman-teman dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi ya..semoga bermanfaat .... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar